17.13
0

Laporan Wartawan Tribunnews.com Willy Widianto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Proyek pelaksanaan e-KTP harus diawasi betul detail demi detailnya. Jangan sampai mega proyek bernilai triliunan rupiah tersebut gagal direalisasikan.
"Inilah basic kita harus selesai tahun 2012, harus diawasi jangan sampai proyek ini tidak jadi,"ujar Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap saat ditemui usai acara diskusi bertajuk 'Membongkar Kejahatan Pemilu dan Dinamika Sistem Hukum' di Resto Bumbu Desa, Jakarta, Sabtu (10/9/2011).
Menurut Chairuman, apabila berhasil berjalan, proyek e-KTP tidak akan memunculkan permasalahan Daftar Pemilih Tetap(DPT) seperti pada pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Dengan adanya e-KTP tidak akan lagi ada identitas ganda dari para penduduk. Pasalnya, akan sangat sulit menggandakan identitas kependudukan dengan adanya sistem e-KTP.
"Justru itulah kita membangun sistem administrasi teknologi informasi ini pada 2014 jadi DPT sudah fix, administrasi kependudukan sistem ada penolakan terhadap adanya identitas ganda ada alat mereject dengan sistem sidik jari dan pindai mata, itu dua alat yang membuat tidak mungkin adanya dua identitas,"jelas Chairuman.
Politisi Partai Golkar ini pun juga sangat yakin tidak akan ada celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu demi kepentingan tertentu seperti misalnya pada kasus IT KPU 2009 silam.
"Secara teoritis celah tidak ada, tetapi yang namanya kriminal itu bisa saja terjadi," sergahnya.

0 comments:

Posting Komentar