12.44
0
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, ada empat modal besar yang dapat membawa Indonesia ke panggung dunia. Empat modal itu harus digarap serius agar Indonesia bisa sejajar dengan bangsa lain.
Hatta mengatakan hal itu kepada wartawan seusai menerima Public Policy Award yang diberikan oleh Asia Society, Komunitas Asia yang sangat bergengsi, di Hotel The Palace, San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (8/11/2011) malam waktu setempat atau Rabu WIB.
Wartawan Kompas Andreas Maryoto melaporkan, acara berjudul ”Jamuan Makan Malam Indonesia” itu dihadiri sejumlah kalangan ternama dari Asia.
Hatta menyebutkan empat hal itu adalah kondisi demografi Indonesia yang memiliki rata-rata usia produktif yang besar, sumber daya alam yang besar namun belum tergarap, kepercayaan dunia yang luar biasa sehingga arus modal masuk sangat kuat, dan negara plural yang demokratis. ”Kalau modal besar ini kita sia-siakan, kita akan sangat rugi besar,” kata Hatta.
Ia mengaku masih banyak perbaikan yang harus dilakukan, seperti perbaikan birokrasi, mengentaskan orang dari kemiskinan, dan pemberantasan korupsi. Namun, modal besar itu juga tak boleh disia-siakan dan pada saat bersamaan perbaikan itu terus dilakukan.
Mengenai penghargaan yang diberikan kepadanya, Hatta mengatakan tak pernah menduga menerimanya. Ia hanya mengaku terus bekerja keras setiap kali mendapat kepercayaan dari Presiden, baik sebagai Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Perhubungan, maupun Menko Perekonomian.
Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal mengatakan, penghargaan diberikan atas upaya Hatta yang luar biasa dalam memperkuat demokrasi di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Penghargaan diberikan kepada orang-orang yang berpengaruh di dunia.

0 comments:

Posting Komentar