14.04
0

Judul
PRA (Participatory Rural Appraisal)
Pendekatan Efektif Mendukung Penerapan Penyuluhan Partisipatif
dalam Upaya Percepatan Pembangunan Pertanian
Pengarang
Ir. Moehar Daniel, M.S.
Ir. Darmawati, M.Sc.
Ir. Nieldalina, M.Si.
Penerbit
Bumi Aksara, Jakarta
Tahun Terbit
2006

Buku ini berisi mengenai salah satu pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan dan pembangunan pertanian. Metode atau pendekatan yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), yaitu teknik untuk menyusun dan mengembangkan program yang operasional dalam pembangunan tingkat desa. Dalam metode ini memadukan sumber-sumber kekayaan yang ada disekitarnya seperti manusia, alam dan lembaga lokal dalam mempercepat peningkatan produktivitas pertanian. Buku ini terdiri dari viii + 155 halaman dengan 6 bab khusus, yaitu:
  1. BAB 1 Pendahuluan
  2. BAB 2 Penelitian
  3. BAB 3 Metodologi PRA (Participatory Rural Appraisal) untuk Pengembangan Agrobisnis Pedesaan
  4. BAB 4 Penyuluhan Partisipatif
  5. BAB 5 Rekayasa Kelembagaan
  6. BAB 6 Identifikasi, Potensi, Masalah dan Rencana Pengembangan Laboratorium Agrobisnis pada Lahan Sawah Irigasi Sipare-pare Sumatera Utara
Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa yang menekuni dalam bidang pertanian, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk disiplin ilmu sosial untuk mempelajari buku ini. Selain itu digunakan bagi para dosen serta pejabat dan pegawai pertanian, Penyuluh, LSM, dan kalangan dalam bidang pertanian.

0 comments:

Posting Komentar