07.07
0
Inilah cara yang teruji ampuh untuk memangkas hal-hal yang tidak perlu dalam pemakaian BBM. Irit, tepat guna dan pintar cara menggunakannya.
Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, kenaikan harga BBM sudah diputuskan oleh Pemerintah, hal tersebut memang harus dilakukan karena beban subsidi yang kian membengkak. Apalagi subsidi lebih bayak dimanfaatkan oleh mereka yang mampu dan berkantong tebal. Meski demikian, kenaikan BBM pasti akan menjadi beban tersendiri. Khususnya mereka yang tiap hari melakukan aktivitas menggunakan kendaraan bermotor. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan energi. Terutama mereka yang menggunakan kendaraan roda empat (mobil). Tips dan trik ini saya dapatkan dalam majalah Geo Energi: Media Informasi Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Edisi 11 | Tahun III | 2014 halaman 40-41. Mari disimak dan diaplikasikan.

Isi Malam Hari 
Sebisa mungkin mengisi BBM pada malam hari. Karena ternyata, satu liter bensin di waktu-waktu tertentu lebih banyak dibandingkan d siang hari. Mengapa? Karena suhu dingin di malam dan pagi hari membuat partikel bensin dalam keadaan rapat, sehingga volume yang kita dapat pun jadi lebih banyak.
Hindari Tanki Kosong
Bila jarum fuel meter sudah berada di garis tengah, segeralah ke SPBU terdekat untuk mengisi full tank. Karena bila semakin banyak ruang kosong di tanki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Bila tidak segera diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.
Perhatikan Suara Mesin
Pada kecepatan tinggi, biasanya bila jarum RPM (revolution per minute) melebih angka tiga dan mesin mobil akan terdengar menggerung, sebaiknya segera atur perpindahan gigi.
Hindari Muatan Berlebih
Mobil yang penuh muatan harus bekerja ekstra. Akibatnya kondisi ini bisa mengurangi aerodinamika mobil dan meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga 5%. Bila memungkinkan, angkutlah barang atau penumpang secukupnya.
 Matikan saat Berhenti Lama
Sebab bensin akan terus dipakai walau mobil dalam kondisi diam sekali pun, apalagi dengan tetap menyalakan AC. Jadi, tak perlu lama-lama memanaskan mesin, 3 menit saja sudah cukup.
Hindari Musik Tertentu
Penelitian membuktikan jenis lagu yang kita dengarkan saat mengemudi berpengaruh pada cara kitamemainkan gas dan bermanuver. Ini tentu saja boros energi. Ada lagu-lagu yang membuat kita menjadi lebih agresif. Misalnya kenis musik "keras" dan irama menghentak, pilihlah yang sedikit berirama slow atau dengarkan radio dengan pilihan lagu bervariasi. Cara lain, turunkan volume suara atau matikan saja tape mobil.
Gunakan AC Secukupnya
Penggunaan AC, apalagi dengan pengaturan suhu paling tinggi membuat beban perputaran mesin semakin berat. Apalagi sedang berjalan-jalan di daerah sejuk atau bensin dalam keadaan sedikit, mematikan AC merupakan langkah penghematan. Gantinya, agar sirkulasi udara di dalam mobil berjalan, bukalah jendela saat memanaskan mobil. Agar lebih hemat, hindari menyalakan AC sesaat setelah mesin dihidupkan, tunggu hingga 4 menit.
Selain langkah-langkah itu, belilah BBM di pim bensin yang bersih, alias tidak oplosan. Pertajam pula konsentrasi, konsentrasi yang terpecah antara mengemudi atau membalas email atau chating misalnya bisa membuat irama mengemudi jadi tidak halus, penggunaan gas dan rem jadi tak terkndali secara teratur. Padahal, semakin sering kita injak pedal gas dan rem secaa bergantian dengan irama cepat, berpengaruh terhadap konsumsi BBM.
Langkah-langkah seperti menghindari kemacetan juga perlu dilakukan. Kemacetan adalah salah satu sumber utama pemborosan BBM. Selain itu jangan lupa parkirkan mobil di tempat yang teduh. Atau jika tidak dapat menemukan tempat yang teduh, gunakan reflektor cahaya matahari untuk meminimalkan energi panas yang memasuki mobil. Interior mobil yag panas akan membuat kerja AC lebih berat, terutama ketika baru menyalakan mobil.
Percaya atau tidak, pada akhirnya, kesabaran akan berpengaruh terhadap penghematan BBM. Pasalnya, orang yang tidak sabar akan mudah memainkan gas dan rem secara tidak beraturan. Tentunya agar tidak diserobot pengemudi lain. Selain itu mereka mudah melajukan mobil dengan kecepatan tinggi demi melampiaskan kekesalan. Nah, cara ini bisa membuat mobil kita mengonsumsi BBM lebih boros. Jadilah konsumen yang cerdas dan bertanggung jawab atas pilihan. Silakan mencoba.

Sukseskan Catur Dharma Energi
Tingkatkan produksi Migas
Kurangi import BBM
Dorong pengembangan EBT
Hemat energi

ENERGI & SUMBER DAYA MINERAL
untuk Kesejahteraan Rakyat

0 comments:

Posting Komentar